9 Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui

Asupan terbaik bagi bayi tentunya adalah ASI, oleh karena itu menyusui merupakan kewajiban seorang ibu terhadap bayinya agar kelak tumbuh sehat dan berkembang dengan baik. Selain itu, menyusui juga menjadi cara menjalin kasih sayang antara ibu dan bayi.

makanan sehat untuk ibu menyusui 

Oleh karena itu, Ibu yang menyusui hendaknya memahami makanan apasaja yang diperlukan untuk menghasilkan ASI yang berkualitas dan banyak tentunya. Berikut ini adalah makanan sehat yang direkomendasikan untuk ibu menyusui.

9 Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui

1. Ikan salmon

Sumber utama asam lemak omega-3 terdapat pada ikan laut. Didalam omega-3 ada dua nutrisi penting untuk perkembangan otak dan mata bayi, yaitu DHA dan EPA. Ikan juga rendah lemak jenuh dan tinggi protein, vitamin D, dan nutrisi lain yang penting bagi kesehatan bayi. Ibu bisa mendapat banyak omega-3 dari mengkonsumsi ikan salmon.

2. Susu rendah lemak

Mengkonsumsi susu sangat penting pada masa-masa menyusui. Selain mengandung protein ,vitamin D, dan vitamin B, susu merupakan sumber kalsium terbaik. Kalsium tersebut akan disalurkan melalui ASI untuk perkembangan tulang buah hati anda. Untuk itu perlunya makan kalsium yang cukup guna memenuhi kebutuhan anda sendiri dan buah hati. Salah satu caranya adalah minum susu 3 gelas setiap hari.

3. Daging sapi tanpa lemak

Pada masa menyusui, Anda membutuhkan energi lebih agar produksi ASI tetap bagus dan lancar. Daging sapi kaya akan zat besi, protein dan vitamin B-12 yang bagus untuk meningkatkan energi dalam tubuh.

4. Buah dan Sayur untuk Ibu Menyusui

Makanan yang sehat tidak lepas dari buah dan sayur. Banyak sekali vitamin yang dibutuhkan tubuh berasal dari keduanya.

Jeruk

Perlu diketahui bawah ketika menyusui lebih banyak membutuhkan vitamin C dari ibu hamil. Jeruk salah satu buah yang kaya akan Vitamin C dan juga bagus untuk meningkatkan energi. Bisa dengan mengkonsumsi langsung atau mengolahnya menjadi jus.

Blueberry

Kandungan vitamin, mineral dan karbohidrat pada blueberry sangat baik untuk memenuhi kebutuhan energi pada tubuh. Selain itu blueberry juga berkhasiat untuk kesehatan mata, tulang dan melindungi tubuh dari kanker.

Pepaya

Buah ini kaya akan kandungan antioksidan seperti karoten, vitamin C dan flavonoid, vitamin B,  mineral, kalium ,magnesium, serat, folat dan asam pantotenat yang baik untuk tubuh. Selain itu pepaya juga bisa melancarkan asi yang mampet.

Sayur Bayam

Bayam merupakan sayuran dengan kandungan Zat Besi yang tinggi, dimana zat ini juga dibutuhkan oleh ibu yang sedang menyusui (laktasi)

5. Kacang-kacangan

Protein yang terkandung dalam kancang-kacangan dapat memperbaiki sel-sel penting dalam tubuh. Kacang-kacangan juga mengandung vitamin B, E, C, folat, kalium, kalsium, magnesium dan fosfor. Kacang juga merupakan sumber lemak yang baik dan sehat untuk tubuh.

6. Telur

Vitamin D yang terkandung pada kuning telur penting untuk menjaga tulang kuat. Telur juga sumber protein yang sangat mudah didapatkan. Mengolahnya pun mudah, telur dadar bisa jadi menu wajib untuk sarapan pagi Anda.

Itulah beberapa makanan sehat untuk ibu menyusui yang bisa dijadikan referensi. Jangan lupa untuk menjaga kebutuhan energi karena ibu menyusui membutuhkan energi lebih agar ASI tetap lancar dan banyak. Cobalah untuk makan sereal gandum untuk memulihkan energi anda setelah semalam mengurus buah hati. Satu lagi yang tak kalah penting adalah mengkonsumsi air yang cukup.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 9 Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui

0 komentar:

Posting Komentar

Peraturan komentar :

1. Komentar dengan bahasa yang sopan.
2. Komentar harus relevan dengan kontent.
3. Dilarang keras Live Link

Komentar yang melanggar peraturan diatas akan saya hapus.
Terima kasih