Apakah ada kaitannya Sumpah Pemuda dengan Sumpah Palapa ?

Terinpirasi dari ucapan Guru KWN saya di sekolah, bahwa Sumpah pemuda adalah lanjutan dari Sumpah Palapa. Pertama Saya sendiri bingung, tapi inilah pendapat Saya.

Saya mulai dari Sumpah Palapa.
Sumpah Palapa adalah suatu pernyataan/sumpah yang dikemukakan oleh Gajah Mada pada upacara pengangkatannya menjadi Patih Amangkubhumi Majapahit, tahun 1258 Saka (1336 M).

Sumpah Palapa ini ditemukan pada teks Jawa Pertengahan Pararaton, yang berbunyi,
Sira Gajah Madapatih Amangkubhumi tan ayun amuktia palapa, sira Gajah Mada: "Lamun huwus kalah nusantara isun amukti palapa, lamun kalah ring Gurun, ring Seran, TaƱjung Pura, ring Haru, ring Pahang, Dompo, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, samana isun amukti palapa".
Terjemahannya,
Beliau Gajah Mada Patih Amangkubumi tidak ingin melepaskan puasa. Ia Gajah Mada, "Jika telah mengalahkan Nusantara, saya (baru akan) melepaskan puasa. Jika mengalahkan Gurun, Seram, Tanjung Pura, Haru, Pahang, Dompo, Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, demikianlah saya (baru akan) melepaskan puasa".
Dari isi naskah ini dapat diketahui bahwa pada masa diangkatnya Gajah Mada, sebagian wilayah Nusantara yang disebutkan pada sumpahnya belum dikuasai Majapahit.

Inti dari Sumpah Palapa menurut Saya, Gajah Mada bertekat untuk mempersatukan Nusantara / Indonesia.
Lah, trus apa kaitannya dengan Sumpah Pemuda???
Isi Sumpah Pemuda
Pertama
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
Kedua
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
Ketiga
Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Kalau dilihat dari Isi Sumpah Pemuda, ada kaitannya tidak dengan Sumpah Palapa???
Kalau menurut Saya, Isi Sumpah Pemuda, Menyatakan bahwa Nusantara / Indonesia telah bersatu.
Apakah benar???
Ada satu lagi yang memperkuat kaitan kedua sumpah tersebut, yaitu Peserta dari Sumpah Pemuda berasal dari Semua Pulau yang ada di Nusantara.
Apakah benar??? munking tidak dari semua daerah di Indonesia. Tapi inilah Organisasi Pemuda yang berasal dari banyak Daerah di Indonesia.
Jong JavaJong AmbonJong CelebesJong BatakJong Sumatranen BondJong Islamieten BondSekar RukunPPPIPemuda Kaum Betawi, dll. 

Inti Dari kedua Sumpah tersebut adalah Ingin Mempersatukan Indonesia.
Ini hanya pemikiran saya, Percaya atau tidak terserah Anda :)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Apakah ada kaitannya Sumpah Pemuda dengan Sumpah Palapa ?

10 komentar:

  1. Percaya nggak percaya sih Mas...

    BalasHapus
  2. satu tambahan lagi. munkin arwahnya Gajah Mada penasaran, karena tidak dapat mempersatukan Nusantara, Trus Arwah itu merasuki Pemuda Indonesia untuk mempersatukan Nusantara :)

    BalasHapus
  3. uraian analisa keterkaitan rantai sejarah yang sangat menarik :)

    BlogS of Hariyanto

    BalasHapus
  4. hello there...great info u have here...

    BalasHapus
  5. hahai. lom ada inspirasi nih gan ^^ coz, pikiran ane fokus sekolah dolo. dah kelas 3 nih bahya klo gak lulus :(

    BalasHapus

Peraturan komentar :

1. Komentar dengan bahasa yang sopan.
2. Komentar harus relevan dengan kontent.
3. Dilarang keras Live Link

Komentar yang melanggar peraturan diatas akan saya hapus.
Terima kasih