Bagaimana Cara Memulai Berwirausaha?

Anda ingin berwirausaha???. Tidak tau langkah-langkah yang akan di ambil??? Nah, posting saya kali ini akan membahas langkah langkah memulai berwirausaha. Langsung saja.

cara memulai berwirausaha


Pertama, anda harus Mengenali Peluang Usaha.
Dalam peluang usaha dinyatakan bahwa peluang sebenarnya ada di sekeliling kita, hanya saja ada beberapa individu yang mampu melihat situasi sebagai peluang ada yang tidak. Hal ini disebabkan faktor informasi yang dimilikinya Informasi memungkinkan seseorang mengetahui bahwa peluang ada sat orang lain tidak menghiraukan situasi tersebut. Akses terhadap informasi dipengaruhi oleh pengalaman hidup dan hubungan sosial (Shane, 2003).

  • Pengalaman Hidup, Pengalaman masih menjadi nomor satu dalam memulai berwirausaha. Karena pengalaman hidup dapat memberikan akses yang lebih mengenai informasi dan pengetahun mengenai penemuan peluang. Dua aspek dari pengalaman hidup yang meningkatkan kemungkinan seseorang menemukan peluang yaitu fungsi kerja dan variasi kerja.
  • Hubungan sosial, Dalam berwirausaha, anda membutuhkan sebuah hubungan sosial untuk mendapatkan informasi penting, yaitu informasi mengenai lokasi, potensi pasar, sumber modal, pekerja, dan cara pengorganisasiannya. Dengan beberapa informasih tersebut, anda dapat menentukan usaha apa yang akan anda pilih.
  • Perubahan Teknologi, teknologi memang memberikan dampak yang cukup besar dalam berwirausaha. akhir akhir ini, banyak wirausahawan yang menggunakan jejaring sosial sebagai media promosi, seperti facebook, twitter, dll. 
  • Perubahan kebijakan dan politik
  • Perubahan sosial demografi
Kedua, Optimalisasi Potensi diri.
Setelah mengenai peluang usaha maka harus dikombinasikan dengan potensi diri. Keunggulan kompetitif apa yang saya miliki? Yang sering terjadi di masyarakat kita adalah memilih usaha yang sedang trend saat itu. Hal ini sah-sah saja tetapi ketika dalam proses perkembangan tidak membuat inovasi, maka akan sulit bersaing.

Selain potensi diri dalam arti pengetahuan yang kita miliki, maka masih perlu mengoptimalkan aspek motivasi dan kepribadian. Dalam modul kuliah 5 kharakteristik kewirausahaan dari perspektif Psikologi maka dapat diperoleh gambaran ada beberapa kaharakteristik yang mendorong kesuksesan usaha dan yang tidak. Oleh karenanya, sejauh mana potensi psikologis anda mampu dioptimalkan dalam memulai sebuah usaha? 

Ketiga, Fokus dalam bidang usaha.
Peter Drucker pakar dalam kewirausahaan menyatakan bahwa dalam memulai sebuah usaha atau inovasi disarankan untuk terfokus dimulai dari yang kecil berdasarkan sumberdaya yang kita miliki

Terakhir, Berani memulai.
Banyak dari anda yang memikirkan sebuah usaha sebelum melakukannya. Itu adalah tindakan yang tidak benar, karena dalam berwirausaha ada faktor HOKI atau keberuntungan. berani mengambil resiko adalah sangat perlu dalam berwirausaha. Lakukan dulu. Jalan dulu. Jika ada kesulitan, baru dicari jelan keluarnya

Sekian Tentang Cara Memulai Berwirausaha, semoga bermanfaat dan sukses selalu ^^

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Bagaimana Cara Memulai Berwirausaha?

3 komentar:

  1. Ga banyak komentar, pokoke sukseslah buat agan admin..ditunggu kunjungannya.

    BalasHapus
  2. inspiratif sekali gan tulisannya.. tambahan mungkin perlu juga keyakinan dan kerja keras kita dalam memulai usaha

    BalasHapus
  3. Terima kasih kan yoyo tambahannya. tanpa keyakinan dan kerja keras tidak akan bisa sukses berwirausaha

    BalasHapus

Peraturan komentar :

1. Komentar dengan bahasa yang sopan.
2. Komentar harus relevan dengan kontent.
3. Dilarang keras Live Link

Komentar yang melanggar peraturan diatas akan saya hapus.
Terima kasih