Pentingnya Asuransi Jiwa Bagi Kepala Keluarga

Asuransi Jiwa

Sebelum kita membahas pentingnya asuransi jiwa bagi kehidupan. Anda harus tau apa itu asuransi jiwa? Asuransi jiwa adalah sebuah usaha untuk berjaga-jaga seandainya anda meninggal dunia baik secara alamiah atau meninggal pada usia muda yang dapat disebabkan oleh sakit, kecelakaan dan lain-lain.

Kita hidup di dunia ini pasti akan mati, tapi kita tidak tau kapan itu terjadi. Tapi pernahkah anda berfikir bagaimana jika Anda meninggal esok? Apa yang akan terjadi pada keluarga yang Anda tinggalkan? Apakah mereka bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari?

Coba anda bayangkan, Anda adalah kepala keluarga yang berkewajiban untuk menafkahi istri dan anak. Apakah anda tega melihat mereka hidup dalam kesengsaraan dan kesulitan finansial? Dengan asuransi jiwa memastikan kesejahteraan keluarga Anda walaupun Anda telah tiada.

Setelah kita sedikit memahami definisi dan manfaat dari asuransi jiwa, kita juga harus memahami konsep dari asuransi jiwa itu sendiri. Ada 3 konsep asuransi jiwa yang biasa diterapkan perencanaan keuangan kepada para nasabah nya diantaranya Multiple Approachment, Needs Approachment dan Capital Needs Approachment.

1. Multiple Approachment adalah suatu konsep Uang Pertanggungan Asuransi Jiwa yang dihitung berdasarkan besarnya potensi besar nya pendapatan seseorang apabila terjadi sebuah resiko meninggal dunia pada saat sekarang sampai waktu tertentu misalnya sampai masa menjelang pensiun. . 

Contoh kasus, Bapak Agus berusia 40 tahun bekerja sebagai karyawan dengan gaji 5 juta perbulan, apabila terjadi resiko meninggal dunia pada Bapak Agen pada saat usia 40 tahun maka uang pertanggungan asuransi jiwa yang ideal nya adalah :


5 Juta X 12 Bulan X 15 Tahun = 1.800.000,- ( 900 Juta )


Dengan asumsi tidak ada kenaikan inflasi biaya hidup pertahun nya, dimana uang pertanggungan ini disimpan dan digunakan oleh keluarga yang ditinggalkan nya sebesar 60 jt pertahun dan akan habis sampai usia 55 tahun ( Rencana Masa Pensiun Bapak Agen ).


2. Needs Approachment adalah suatu konsep uang pertanggungan asuransi jiwa yang dihitung berdasarkan kebutuhan biaya hidup sampai anak bungsu menginjak usia dewasa atau sudah mapan dalam mulai bekerja biasa biasa setelah sampai lulus kuliah usia 22 tahun.

Contoh kasus, Bapak Agus berusia 40 tahun bekerja sebagai karyawan dengan gaji 5 juta perbulannya dan memiliki anak bungsu berusia 3 tahun, apabila terjadi resiko meninggal dunia pada Bapak Agent pada saat usia 40 tahun maka uang pertanggungan asuransi jiwa yang ideal nya adalah :

5 Juta X 12 Bulan X 19 Tahun =1.140.000.000,- ( 1,4 Milyar )



Dengan asumsi tidak ada kenaikan inflasi biaya hidup dan biaya pendidikan pertahun nya, maka uang pertanggungan asuransi jiwa ini disimpan oleh keluarga yang dapat digunakan sampai anak lulus kuliah dan mapan dalam bekerja.

3. Capital Needs Approachment adalah suatu konsep uang pertanggungan asuransi jiwa yang dibutuhkan berdasarkan kebutuhan biaya hidup pertahun yang didapatkan dari hasil bunga deposito misalnya Bunga Fix 7% Pertahun nya dan jika kebutuhan biaya hidup nya sudah terpenuhi sampai jangka yang telah ditentukan maka modal dana uang pertanggungan yang di depositokan dapat dijadikan warisan atau digunakan untuk membuka usaha agar bisa berkembang.

Contoh kasus Bapak Agus berusia 40 tahun bekerja sebagai karyawan dengan gaji 10 juta perbulannya, apabila terjadi resiko meninggal dunia terhadap Bapak Agus di usia 40 tahun maka uang pertanggungan asuransi jiwa yang ideal adalah :

10 Juta perbulan X 12 Bulan : Bunga Depositi 7% X Pajak Bunga 80% ( Pajak Deposito 20% ) = 2.142.857.300,- ( 2,1 Milyar )

Itulah 3 konsep asuransi jiwa beserta contoh kasus sederhana. Untuk memilih asuransi jiwa yang aman dan bagus perhatikan premi nya, menfaat uang pertanggunannya, klausal dari ketentuannya dan cara klaimnya. semoga membantu.

sumber : www.agenasuransijiwa.com/asuransi-jiwa.htm

0 Response to "Pentingnya Asuransi Jiwa Bagi Kepala Keluarga"

Post a Comment

Peraturan komentar :

1. Komentar dengan bahasa yang sopan.
2. Komentar harus relevan dengan kontent.
3. Dilarang keras Live Link

Komentar yang melanggar peraturan diatas akan saya hapus.
Terima kasih