Tips untuk Meningkatkan Daya Konsentrasi Belajar

Sebelumnya saya sudah share "Makanan yang Bisa Membantu Konsentrasi Belajar", Nah sekarang mau posting dengan topik yang nggak jauh-jauh amat dari posting sebelumnya. Tips untuk Meningkatkan Daya Konsentrasi Belajar. Tips ini saya Kutip dari buahaticerdas.com. Berikut Tipsnya :
Tips untuk Meningkatkan Daya Konsentrasi Belajar

1. Membatasi asupan yang mengandung banyak gula, karbohidrat tinggi (terigu dan produknya, beras putih), lemak jenuh, mengandung kola (cokelat dan minuman berkola), makanan yang mengandung zat adiktif serta makanan olahan.

2. Bagi anak yang mempunyai bakat alergi, perlu menghindari makanan yang mengandung faktor allergen sesuai dengan masalah alergi yang dihadapinya. Biasanya makanan yang mengandung kacang-kacangan (kacang tanah, mede, dll), susu dan produk olahannya, gluten (terigu dan sejenisnya), hasil poultry (daging ayam, telur), makanan yang mengandung ragi (roti), mengandung gas (brokoli, kubis, kacang polong), gula olahan perlu dihindari total.

3. Selalu memberi makanan yang baru diolah, bukan makanan yang sudah disimpan di kulkas atau dibekukan.

4. Memperbanyak asupan sayuran dan buah-buahan segar. Buah-buahan segar merupakan obat mujarap dan instan bagi anak yang sedang mudah lupa karena kekurangan kadar gula dalam darahnya.

5. Minum air hangat terutama pada saat makan. Minuman dingin menyebabkan anak menjadi lesu dan mudah mengantuk karena melemahkan energi di pencernaan. Apabila konsentrasi anak sering menurun, memberi minum air hangat akan membantu. Jangan mengganti air putih dengan minuman kaleng atau olahan lainnya.

6. Memberikan santapan yang sehat melalui pancaindra: bacaan yang sehat, tontonan yang edukatif, kata-kata yang memberi semangat dan juga yang memberi kenyamanan dan kedamaian di hati.

7. Melatih anak-anak dengan beberapa teknik relaksasi akan membantu meningkatkan daya konsentrasi dan kesehatan anak. Misalnya latihan yoga, pernapasan, meditasi, brain gym, akan membantu anak-anak menjadi relaks. Sebaiknya para guru dibekali dengan beberapa teknik relaksasi yang berupa permainan, sehingga bisa dipraktikkan di kelas ketika anak didik sedang tidak ‘mood’ belajar.

8. Mengajak anak banyak bergerak. Melakukan aktivitas bersama yang menyenangkan, misalnya bersepeda, jalan kaki, main bola. Olahraga bisa meningkatkan kadar hormon endorfin yang membuat anak senang dan bisa konsentrasi lebih baik.

9. Sering memijat anak. Sentuhan dan pijatan memberi kedamaian di hati yang juga akan meningkatkan daya imun dan konsentrasi anak.

10. Selalu mengajak tersenyum kepada anak-anak kita. Senyuman selalu merupakan cara termurah dan santapan yang sangat menyehatkan untuk meningkatkan daya imun dan konsentrasi seseorang

Nah, sekian tips yang saya kutip dari buahaticerdas.com, semoga bermanfaat ^^

2 komentar:

  1. thank's tipsnya sangat membantu saya yang sedang butuh konsentrasi penuh dalam belajar

    ReplyDelete
  2. tanks tpsnya gan semoga bermanfaat bagi sema pengnjng!!

    ReplyDelete

Peraturan komentar :

1. Komentar dengan bahasa yang sopan.
2. Komentar harus relevan dengan kontent.
3. Dilarang keras Live Link

Komentar yang melanggar peraturan diatas akan saya hapus.
Terima kasih