Friday, May 11, 2012

Cara Mengoptimalkan Usaha Anda lewat Media Sosial Internet

Tags

Cara Mengoptimalkan Usaha Anda lewat Media Sosial Internet - Banyak jalan untuk mengoptimalkan profit atau keuntungan usaha yang anda tekuni, salah satunya lewat dunia maya atau internet. Banyak media sosial yang ada di internet, Nah berikut media sosial yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia .


  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Blog
  • Website Jual Beli - ex: Berniaga.com, TokoBagus.com, dll
  • Forum - ex: Kaskus.us, dll
Apasih kelebihan dari Media Sosial / Jejaring Sosial di Internet bagi Wirausaha??
  1. Menemukan kembali teman lama, ajang bersosialisasi, belakangan fungsinya pun bertambah. Tak sedikit orang yang memanfaatkan jasa media sosial untuk mengembangkan usaha/bisnisnya.
  2. Mendapatkan feedback dan komunikasi yang cepat dan murah kepada pelanggan usaha. Pada era teknologi ini, internet merupakan salah satu media komunikasi yang dapat dikatakan sangat murah,internet bisa diakses secara mobile. Pelanggan atau partner usaha kita akan lebih memilih teknologi ini sebagai salah satu media komunikasinya.
  3. Gratis, tidak dipungut biaya ^^.

Baca juga : Waspada : Teknik Teknik Penipuan ATM, mungkin ini cukup penting untuk Wirausaha yang baru mengenal menginjakkan usahanya didunia internet.

Optimalisasi Blog/Website/Online Store dalam Kewirausahaan

Komunikasi antara wirausahawan dan pelanggan adalah suatu proses penting yang dilakukan oleh wirausahawan guna untuk mempertahankan pelanggan yang dimiliki. Salah satu contoh media yang dapat digunakan perusahaan untuk berkomunikasi dengan pelanggannya adalah website/blog/online store. Website yang interaktif dapat difungsikan sebagai media komunikasi langsung dengan pengunjung. Dengan adanya website/blog kita dapat meng-komunikasikan informasi usaha kita pada masyarakat luas .Dengan adanya interaksi atau komunikasi ini, wirausahawan dapat melanjutkan hubungan dengan visitor, pelanggan, atau calon pelanggan potensial perusahaan baik secara periodik maupun terus-menerus. Dengan cara ini, akan lebih mudah mempelajari tingkah laku pelanggan atau calon pelanggan potensial usaha kita, sehingga dapat membantu menentukan kebijakan yang tepat untuk mengembangkan usaha kita. Salah satu contoh dari wirausaha yang optimal menggunakan blog dalam memperkenalkan produknya adalah Sotoji. Sotoji yang merupakan produk wirausaha industri rumah tangga,beberapa waktu lalu mengirim sampel produk mereka kepada ratusan blogger,dan mengajak para blogger untuk mereview dan mengkritik kekurangan dari produk Sotoji. Terbukti dengan komunikasi yang akrab dengan calon pelanggan potensial,produk Sotoji kini cukup dikenal dipasaran makanan instan.

Optimalisasi Facebook dan Twitter dalam Kewirausahaan

Facebook sudah menjadi sarana sharing dan komunikasi paling populer di internet,hampir semua pengguna internet di dunia merupakan pengguna jejaring sosial ini. Kelebihan dan kemudahan yang ditawarkan Facebook sebagai media sosial yang menjembatani interaksi melalui fitur-fiturnya seperti fan page dan group merangsang para pengguna Facebook untuk berkelompok.Orang dengan jujurnya meng-update apa yang dirasakan, dilihat, dan dilakukan melalui jejaring sosial ini tanpa merasa sungkan guna mengaktualisasikan dirinya. Groups yang terbentuk dan fan page yang terdapat di Facebook bisa dimanfaatkan untuk menganalisa kegelisahan dan impian mereka. Wirausahawan bisa mencari tahu keinginan para facebooker guna melejitkan penjualan produk.Salah satu rekan saya yang optimal menjual melalui facebook yakni mbak Tem Tem dengan akunnya Tem Tem Shop.

Twitter saat ini sedang booming.Maka seorang wirausahawan perlu segera untuk menggunakan Twitter untuk mendukung usahanya. Wirausahawan harus menggunakan twitter sebagai sarana mempromosikan produk dengan baik, benar, dan jujur. Proses komunikasi yang baik akan tercipta ketika kita bisa menempatkan produk kita lebih baik, bangun hubungan yang baik. Berikan beberapa tambahan yang sekiranya dapat membantu orang-orang untuk mencari informasi atau pun petunjuk pada apa pun yang berkaitan dengan produk yang dijual.Misalnya, berikan fakta-fakta yang menarik dari produk yang dijual, atau pun tips-tips yang berguna bagi para pengguna, niscaya banyak orang akan tertarik pada Twitter anda dan tidak mungkin akan menjadi followers anda. Yah, Twitter anda tidaklah berguna tanpa ada followers. Inilah target wirausahawan dalam menggunakan Twitter, carilah followers sebanyak-banyaknya. Ingat satu hal, para followers ini tidak akan mengikuti jika Twitter kita .Setelah mereka mem”follow” akun twitter anda,usahakan juga anda juga mem-follow mereka.Sesekali berinteraksi dengan follower Anda dengan memberikan kuis, ataupun informasi menarik, jika mereka merespon, respon balik sehingga muncul hubungan dua arah, hal ini akan menambah minat dari para followers bukan hanya pada produk yang dijual, tapi juga pada twitter Anda. dan apabila ada followers yang anda rasa cukup menarik, Anda bisa mempromosikan twitter kawan anda tersebut, ini adalah proses take-and-give, dengan begitu mungkin kawan anda akan juga mempromosikan anda di twitter mereka.

Nah Itulah Cara Mengoptimalkan Usaha Anda melalui Media Sosial / Jejaring Sosial di Internet. Semoga posting ini beramanfaat dan Sukses selalu.

dikutip dari : www.smartbisnis.co.id

Artikel Terkait

2 komentar

Lagi belajar mengoptimalkan twitter nih... ditunggu artikel khusus tentang twitternya.. :)

Peraturan komentar :

1. Komentar dengan bahasa yang sopan.
2. Komentar harus relevan dengan kontent.
3. Dilarang keras Live Link

Komentar yang melanggar peraturan diatas akan saya hapus.
Terima kasih
EmoticonEmoticon