5 Tips Penting Menyewa Mobil Rental

5 Tips Penting Menyewa Mobil Rental
5 Tips Penting Menyewa Mobil Rental - Menyewa mobil sudah menjadi agenda wajib saat sedang berlibur ke luar kota. Dengan menyewa mobil, Anda bisa lebih leluasa menentukan waktu dan tempat tujuan. Namun ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat menyewa mobil.

Anda pasti tidak ingin liburan tertunda atau malah gagal karena masalah mobil sewaan. Berikut 5 tips penting menyewa mobil :



1.Periksa keadaan badan mobil
Jangan langsung membawa pergi mobil setelah mendapat atau memilih mobil sewaan. Ada baiknya Anda dan pemilik rental bersama-sama melihat keadaan badan mobil. Anda bisa menghitung lecet dan penyok yang ada di boli itu sambil disaksikan pemilik. Jika ingin lebih aman, Anda bisa memfoto bagian-bagian cacat dari mobil tersebut.
Hal ini berguna pada saat pengembalian mobil. Biasanya, sang pemilik akan memeriksa keseluruhan mobil. Jika Anda dikomplain atas cacat yang ada di mobil sewaan, namun tidak merasa melecetkan atau menabrakkan mobil, Anda bisa memakai foto mobil sebagai bukti. Jangan sampai membayar atas komplain dari hal yang tidak Anda lakukan.

2.Cek oli, radiator dan bensin
Setelah memeriksa badan mobil, kini saatnya memeriksa mesin mobil. Meski sedikit repot, namun hal ini penting dilakukan. Anda tidak mau kan mobil sewaan mogok di tengah jalan. Periksa oli mobil, apakah masih di garis aman atau sudah tinggal sedikit. Jangan lupa untuk memeriksa air radiator. Jangan sampai mobil Anda overheat dan terpaksa menghentikan perjalanan.
Terakhir, periksa bensin. Para pemilik mobil sewaan biasanya hanya meninggalkan sedikit bensin di mobil. Oleh karena itu, Anda harus sesegera mungkin mengisi bensin. Anda tentu tidak mau mendorong mobil sampai ke pom bensin terdekat kan.

3. Periksa bagian dalam mobil
Selesai dengan mesin dan badan mobil, sekarang periksa bagian dalam mobil. Periksa kursi mobil baik-baik, terutama di bagian selipan bangku. Anda tidak tahu siapa yang menyewa mobil sebelumnya. Siapa tahu ia meninggalkan peniti di bahu mobil, atau membuang bekas bukaan kaleng sembarangan.
Jika Anda berlibur ke daerah pantai, menemukan pasir di karpet mobil bukanlah hal aneh. Namun hal ini bisa mengganggu jika pasir menempel di laci, setir dan bagian-bagian lain. Anda bisa meminta pihak pemilik untuk membersihkan di bagian-bagian selipan.

4. Tes kepakeman rem
Jangan langsung mengebut bersama mobil sewaan. Periksa kepakeman rem terlebih dulu. Dimulai dengan rem pelan sampai rem mendadak. Jika merasa rem mobil sewaan tidak terlalu responsif dalam mengerem, jaga kecepatan Anda dalam batas aman. Jangan sampai Anda kehilangan kendali dan membahayakan nyawa orang lain.

5. Rasakan dan adaptasi dengan pedal kopling, rem dan gas
Setiap mobil biasanya memiliki pedal yang berbeda-beda. Ada yang memiliki kopling pendek, ada juga yang memiliki rem dalam. Rasakan ketiga pedal tersebut dan mulailah beradaptasi. Kemungkinan besar, ketiga pedal tersebut tidak terlalu nyaman, karena banyaknya orang yang menggunakan.
Periksa kendaraan dengan baik dan nikmati liburan lancar besama mobil sewaan.

Sumber : travel.detik.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 5 Tips Penting Menyewa Mobil Rental

2 komentar:

  1. wah artikel tentang tipsnya untuk para penyewa yang mau menggunakan rental mobil bagus tuh harus dibaca sama orang-orang banyak nih biar pada tau gimana cara yang benar.
    thanks ya gan infornya

    BalasHapus

Peraturan komentar :

1. Komentar dengan bahasa yang sopan.
2. Komentar harus relevan dengan kontent.
3. Dilarang keras Live Link

Komentar yang melanggar peraturan diatas akan saya hapus.
Terima kasih