5 Tips Memilih Kado Ulang Tahun Anak

Bingung cari kado ulang tahun untuk anak anda??? Berikut 5 Tips Memilih Kado Ulang Tahun Anak Sesuai usia anak. Boneka memang bisa dikategorikan mainan yang cocok untuk anak segala usia. Namun Anda perlu memilih jenis boneka yang akan Anda berikan.
kado ulang tahun

  • Untuk si 1 tahun. Anda bisa memilih boneka yang tidak terlalu besar, namun juga tidak terlalu kecil. Mainan lain seperti balok-balok atau mainan karet juga bermanfaat bagi si satu tahun yang tengah asyik mengeksplorasi dunia sekitar dengan kedua tangannya.
  • Untuk si 2 tahun. Anak usia ini sedang mengembangkan kemampuan motorik dan koordinasi otot besarnya. Anda dapat memilih hadiah berupa mainan yang dapat ditarik dan didorong.
  • Untuk si  3 – 5 tahun. Anda dapat memilih aneka mainan yang lebih bervariasi. Misalnya, mobil-mobilan, masak-masakan, atau sepeda.

Merangsang perkembangan kognitif.


  • Untuk si 3 – 5 tahun. Anda dapat memilih puzzle yang sesuai dengan usia anak. Di pasaran tersedia puzzle dari yang berbentuk sederhana hingga yang lebih bervariasi.
  • Untuk usia 4 – 5 tahun. Mainan seperti play station sesuai untuk mereka. Tapi hati-hati! Meski mainan ini dapat membantu menstimulasi daya ingat anak yang sedang berkembang, Anda harus mencermati games untuk play station, mengandung unsur kekerasan atau tidak.

Pastikan keamanan mainan.


  • Bila si kecil berusia di bawah tiga tahun, jangan belikan ia mainan berukuran kecil. Atau, bila Anda membelikan mainan cukup besar, jangan sampai bagian dari mainan itu bisa dengan mudah dilepas menjadi bentuk kecil-kecil. Karena bisa tertelan si kecil.
  • Periksa pula permukaan mainan. Hindari permukaan yang kasar atau berujung tajam, karena bisa melukai anak. Bila mainan berwarna-warni, pastikan cat yang digunakan cukup aman. Anda bisa membaca keterangan pada label mainan.

Kreasi sendiri. Hadiah untuk si kecil tak selalu harus mahal. Anda dapat mencari dan memilih kado yang sesuai untuk anak namun tak membobol kocek Anda. Buat sendiri mainan untuknya. Misalnya, boneka binatang dari potongan-potongan kain berbagai tekstur. Atau mainan ular-ularan dari karton bekas gulungan tisu toilet yang dihias berbagai warna.

Kemas secara menarik. Setelah Anda mendapatkan mainan yang sesuai untuk si kecil, bungkuslah benda itu menggunakan kertas pembungkus dengan warna dan gambar menarik. Bagi anak, membuka kado merupakan pengalaman seru yang dinanti. Ia tentu berharap-harap cemas, ”Apa sih isinya…? Surprise !”

Nah itulah 5 Tips Memilih Kado Ulang Tahun Anak, semoga bermanfaat ^^
Sumber : www.ayahbunda.co.id

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 5 Tips Memilih Kado Ulang Tahun Anak

5 komentar:

  1. Artikel yang bagus... memilih mainan untuk anak memang harus disesuaikan dgn umur, agar bermanfaat untuk perkembangan anak..

    BalasHapus
  2. betul betul betul. nggak semua main anak bermanfaat untuk perkembangan anak. jadi harus pinter pilih2 hadiah ^^

    BalasHapus
  3. iyah... Betul banget nih... Tips nya bagus banget, bisa buat adik ku ntar....

    Btw, adminnya ada berniat menerbitkan buku tidak? Kalo iya, saya bisa bantu. Trims

    BalasHapus
  4. hi mbak cici. belum terpikir membuat buku. blog pun nggk pernah saya update mbak. salam kenal deh. waktu juga nggak ada, sekarang kerja full time jadi nggak bisa ngeblog lagi, coz baru lulus SMK nih. mungkin sehabis hari raya nih saya mau kredit laptop dan lanjutin ngeblog lagi.

    BalasHapus
  5. sepupu saya sih seneng banget dapet kado kartu dan puzzle gitu, cuma anak2 biasanya seneng mainan ya hehe.

    BalasHapus

Peraturan komentar :

1. Komentar dengan bahasa yang sopan.
2. Komentar harus relevan dengan kontent.
3. Dilarang keras Live Link

Komentar yang melanggar peraturan diatas akan saya hapus.
Terima kasih