Tips Tidur Nyenyak


Setelah bekerja seharian tentunya tubuh akan membutuhkan istirahat yang cukup untuk mengembalikan energi yang kita gunakan. Tidur merupakan salah satu cara terbaik untuk mengembalikan energi itu. Bayangkan betapa tersiksanya seseorang yang mengalami insomnia (susah tidur) pada malam hari. Tentunya tubuh mereka tidak akan se-fresh orang yang bisa tidur nyenyak di malam hari. Berikut beberapa tips yang dapat anda tiru supaya dapat beristirahat untuk tidur dan membuat badan anda lebih fresh saat bangun :

1. Jangan Makam Berlebihan Pada Malam Hari
Makanlah dengan cukup pada malam hari. Makan malam yang berlebihan, akan membuat pencernaan anda masih melakukan aktivitas, meskipun sudah masuk waktu tidur. Dengan demikian tentunya tubuh tidak akan bisa beristirahat total. Begitu juga sebaliknya, jika terlalu lapar, asam lambung akan terlalu banyak, sehingga menimbulkan rasa sedikit perih pada perut. Jadi usahakan makan dengan cukup pada malam hari.

2. Mandi Air Hangat Sebelum Tidur
Mandi dengan air hangat sekitar 1 - 2 jam sebelum tidur dapat membantu badan anda lebih rileks dan tenang. Jika badan rileks, tentunya mudah bagi anda untuk memejamkan mata.

3. Jangan Memikirkan Sesuatu yang Memberatkan Pikiran dan Otak.
Meskipun ini susah dilakukan bagi anda yang mempunyai banyak pekerjaan, ada baiknya anda melupakan sejenak pekerjaan yang akan anda lakukan. Usahakan sekali - sekali menjadi orang yang cuek hanya pada saat akan tidur. Dengan tidak adanya beban di otak dan pikiran, maka secara tidak langsung perasaan anda akan tenang dan anda lebih mudah memejamkan mata.

4. Minum Susu Panas Sebelum Tidur
Mungkin tips ini terlihat sangat tradisional dan terkesan seperti anak kecil. Tapi kandungan dalam susu dapat menjadikan pikiran dan tubuh kita rileks, sehingga mudah bagi kita untuk tidur.

5. Matikan Lampu Kamar
Hal ini boleh tidak anda lakukan jika anda termasuk orang yang penakut.

6. Usahakan Mempunyai Ritual Sebelum Tidur
Yang dimaksud ritual ini adalah kebiasaan yang dilakukan sebelum anda berangkat tidur. Cuci muka misalnya. Dengan membiasakan cuci muka sebelum tidur, maka lama kelamaan anda akan mudah untuk memejamkan mata setelah melakukan ritual tersebut. Kebiasaan itu jika terus menerus dilakukan, secara otomatis tubuh anda akan memberi sinyal ke otak dan pikiran, kapan saatnya untuk tidur.

7. Berdo'a Sebelum Tidur.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Tidur Nyenyak

3 komentar:

  1. Tips yang mantap sob..
    saya sering susah tidur soalnya..

    BalasHapus
  2. tips yang sangat bermanfaat, terutama bagi saya yang kadang sulit tidur pada saat lagi banyak target goal tugas yang harus diselesaikan mengejar deadline :) trimakasih kawan sudah berbagi tips
    BlogS of Hariyanto

    BalasHapus

Peraturan komentar :

1. Komentar dengan bahasa yang sopan.
2. Komentar harus relevan dengan kontent.
3. Dilarang keras Live Link

Komentar yang melanggar peraturan diatas akan saya hapus.
Terima kasih