Saturday, November 19, 2011

Pulau Komodo lagi "Naik Daun"

Pascakemenangan Komodo, target wisatawan ke Pulau Komodo bakal melampaui angka 50 ribu wisatawan.


Oleh Andi Nur Aminah

“Komodo itu sudah dikenal sejak lama. Kita minta untuk memilih dia sekarang, Komodo juga tidak akan tahu,” begitulah seloroh Jusuf Kalla, Duta Komodo, saat menyampai kan hasil perolehan polling SMS untuk mengikutkan Komodo sebagai New 7 Wonders of Nature atau tujuh keajaiban dunia untuk kategori alam. 

11-11-2011 lalu, di penanggalan yang disebutsebut sebagai nomor cantik itu, diumumkanlah hasil perhitungan suara untuk pemilihan tujuh keajaiban dunia kategori alam. Dan komodo pun berhasil masuk. “Ini kemenangan bagi kita semua untuk memenangkan Komodo. Dan yang terpenting adalah Komodo menang dia tidak merasakan apa-apa. Yang akan merasakan adalah masyarakat Pulau Komodo, masyarakat NTT, dan wilayah-wilayah di sekitar, seperti Bali, Surabaya, Jakarta, dan sebagainya,” ujar JK panjang lebar. 

Ya, komodo memang tak peduli dengan namanya yang diketik berkali-kali oleh pengguna telepon seluler dan mengirimkannya ke nomor 9818. Tapi dengan satu tujuan untuk vote komodo, setidaknya ada satu bukti nyata jika masyarakat bisa bergerak dan bersatu jika digerakkan dan tujuannya jelas.

JK sebagai ketua Duta Komodo, berkali-kali menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah mengirimkan ratusan juta SMS. Menurutnya, masa kampanye yang hanya 26 hari saja menjadi sangat luar biasa. “Kita bangsa yang mudah bersatu asal memiliki tujuan yang jelas. Tujuan yang bermanfaat bagi semua dan tak ada yang mengambil manfaat secara pribadi,” ujar JK. Menurutnya, Komodo akan menjadi ikon baru Indonesia yang cukup membanggakan. Masuknya komodo dalam New 7 Wonders of Nature pun disambut langsung dengan menjadikannya maskot SEA Games XXIV dengan nama Modo dan Modi.

Tentu, ini adalah langkah awal promosi yang cu kup tepat untuk sebuah event berskala internasional. Sebagai ikon baru Indonesia, JK mengatakan, hal terbaik yang bisa dilakukan oleh masyarakat, khususnya di NTT, adalah bersiap-siap menyambut kedatangan tamu yang akan banyak berkunjung ke sana. Selain itu, upaya perlindungan terhadap binatang itu juga harus selalu diperhatikan seiring dengan banyaknya turis yang datang.

Gubernur NTT, Frans Leburaya, dengan optimis menyatakan arus kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara ke Taman Nasional Komodo tahun ini dipastikan meningkat. Apalagi, setelah binatang peninggalan zaman dinosaurus itu masuk dalam tujuh keajabaian dunia baru versi Yayasan New 7 Wonder.

Menurut Frans, pada 2010 kunjungan wisatawan ke wilayah tersebut khususnya ke Pulau Komodo mencapai 40 ribu orang. “Saya optimistis tahun ini jumlahnya akan bertambah. Target awal 50 ribu wisatawan, tetapi kemungkinan angka itu akan terlampaui karena akan banyak wisatawan yang ingin melihat langsung salah satu keajaiban dunia tersebut,” ujar Frans.

Lantas, apa kesiapan yang dilakukan Pemprov NTT menyambut tamu-tamu yang akan melihat si Komodo yang ajaib itu? Salah satu pekerjaan terbesar pemerintah, menurutnya, mempersiapkan fasilitas pelayanan umum serta membangun infrastruktur yang memadai. Akses jalan dan jembatan, fasilitas listrik, air bersih, tata kota yang sejuk, serta jaringan internet akan segera dibangun.

Selain itu, menurut Gubernur, pemerintah akan membangun rumah sakit di dalam kawasan Taman Nasional komo do. Fasilitas ini cukup dibutuhkan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya serangan binatang purba ini terhadap pengunjung. Dan yang tak kalah penting adalah memperpanjang landasan pacu Bandar Udara Labuanbajo untuk bisa didarati pesawat berbadan besar.

Optimisme Gubernur NTT dengan terpilihnya Komodo menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia juga akan membawa dampak positif pada masyarakat sekitar. Pemerintah, kata Frans, terus mendorong masyarakat untuk mengasah kreativitas dan menangkap peluang bisnis dari keberhasilan hasil vote Komodo yang dilakukan seluruh masyarakat Indonesia. “Silakan membuat beragam suvenir khas Komodo, makanan khas NTT, dan kerajinan tangan lainnya. Pelaku bisnis lain yang ingin berinvestasi pun silakan datang ke sini,” ujar Frans.

Begitu Komodo dinyatakan menang dan sejajar dengan enam keajaiban dunia lainnya versi Yayasan New 7 Wonders, berbagai pihak memang langsung melirik Pulau Komodo. Sekjen Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Harry Warganegara meminta anggotanya untuk berinvestasi di pulau tersebut. “Mumpung komodo lagi naik daun,” ujar Harry.

Harry mengatakan, beberapa bidang investasi yang memungkinkan bagi pengusaha di Pulau Komodo adalah hotel, restoran, pelabuhan, transportasi, sampai hiburan. Pola investasi yang memungkinkan adalah kemitraan dengan investor asing dan lokal.

Namun, semangat investasi di Pulau Komodo oleh sejumlah pengusaha menyambut hasil vote Komodo itu justru disambut negatif oleh aktivis Pro Fauna. Koordinator Pro Fauna Indonesia, Rosek Nursahid, mengungkapkan kekhawatirannya, semangat untuk mengomersialkan komodo akan ber dam pak negatif terhadap habitat hewan purba itu.

Menurutnya, pengalaman buruk dengan perlakuan komersialisasi terhadap binatang sudah terjadi pada orang utan di Bohorok. Rosek me -ngatakan, komersialisasi terhadap orang utan berdampak negatif karena orang utan kini harus menjalani rehabilitasi akibat ketergantungan dari pemberian makanan dari pengunjung. “Kami dari Pro Fauna, khawatir hal yang sama terhadap orang utan bisa saja terjadi pada komodo nantinya,” ujar Rosek.

Masuknya komodo dalam New 7 Wonder of Nature, menurut Rosek, sebetulnya tidak memberi dampak yang signifikan. Karena terpilih atau tidak, dari dulu komodo sudah dikenal di dunia ada di Pulau Komodo.

Kekhawatiran tersebut didasari oleh lemahnya manajemen konservasi yang terjadi di Indonesia. Saat ini, terpilihnya Komodo dalam New 7 Wonders sudah terlihat lebih kepada semangat untuk meningkatkan devisa, turis, dan sebagainya. “Belum ada terdengar disinggung masalah konservasinya. Dikhawatirkan yang terjadi nanti New 7 Wonders itu adalah komodo yang punah,” ujarnya.

Pro Fauna mengisyaratkan agar Kementerian Kehutanan dalam hal ini pengelola Taman Nasional Komodo agar lebih mempersiapkan perencanaan yang lebih baik. Tentu saja jika tak ingin si ajaib komodo tetap bisa bertahan di wilayah konservasi yang hanya ada satu-satunya di di dunia itu. 


Hidup Berdampingan dengan Sang Pemangsa


Kata ‘modo’ artinya orang Modo. Begitulah sebutan bagi penghuni Pulau Komodo, selain reptil raksasa serta sejumlah spesies unik lainnya. Tak ada sumber pasti yang menyebutkan sejak kapan orang Modo mendiami pulau tersebut. Namun diketahui pada 1930, jumlah orang Modo di Pulau Komodo berjumlah 140-an jiwa.

Orang Modo hidup berdampingan dengan kadal buas ini. Menetap dan bermukim di satu pulau dengan binatang yang setiap saat bisa saja menyerang dan memangsa mereka, tentu sebuah pilihan yang sulit. Tapi bagi orang Modo, hal itu bukan masalah.

Terbukti, dari tahun ke tahun jumlah populasi orang Modo pun semakin mening -kat. Selain orang Modo, pembauran etnis yang berdatangan di Pulau ini juga membuat populasi penduduk terus bertambah. Kini, di pulau tersebut cukup banyak pendatang dari Bima (Manggarai) dan suku Bugis (Bajo).

Pulau ini dikenal dengan sebutan Komodo setelah di pulau tersebut pernah mendarat seorang ahli Biologi asal Belanda yang kapalnya terdampar di pulau tersebut. Owens menemukan kadal raksasa dan kemudian menyebutnya Komodo Dragon, yang dianggapnya sebagai ‘cucu naga’. Kadal raksasa tersebut kemudian tenar dengan nama Komodo dan diberi nama latin Varanus komodoensis. Bersamaan dengan penemuan komodo tersebut, pulau ini pun kemudian mendapat sebutan yang sama, yakni Pulau Komodo. Bagi masyarakat Kampung Komodo, sejarah pulau ini lekat dengan legenda Genong dan Orah. Cerita rakyat ini mengisahkan tentang persaudaraan antara komodo dan manusia karena lahir dari seorang ibu yang sama. 

Sebelum dikenal dengan nama Komodo, kampung itu disebut Kampung Najo. Dikisahkan, Najo memiliki anak perempuan yang hendak melahirkan. Persalinannya dibantu seorang dukun yang membedah perut dengan menggunakan kulit bambu. Dari persalinan itu, lahirlah dua mahluk hidup, seorang bayi laki-laki dan seekor bayi kadal. Bayi laki-laki diberi nama Gerong dan bayi kadal diberi nama Orah. Kedua anak kembar ini tumbuh semakin besar. Namun, si kadal Orah makin besar semakin ganas. Semua hewan peliharaan dimakannya. Akibatnya, warga kampung marah dan mengusir Orah hingga ke hutan.

Sesekali, Orah datang ke kampung mengunjungi saudara dan orang tuanya. Masyarakat dengan binatang komodo, menurut Amir, salah seorang warga Pulau Komodo, dahulu memang sangat dekat dengan penduduk asli. Amir mengatakan, memang orang luar sulit merasakannya. Bahkan, menurutnya, halaman kampung warga kerap didatangi binatang tersebut namun belum pernah ada kasus binatang tersebut menyerang warga.

Sebagai penghormatan terhadap komodo yang dianggap sebagai leluhur, masyarakat keturunan Najo sesekali masih menggelar ritual adat yang disebut Aru Gele. Dalam ritual ini, warga secara bersama-sama akan menumbuk buah pohon yang tumbuh di kawasan tersebut untuk dijadikan persembahan makanan. Tapi sejak ditetapkannya Pulau Komodo sebagai kawasan taman nasional pada 1980 lalu, pelan-pelan kehidupan penduduk asli pun mulai terusik. Pulau yang luasnya 1.817 kilometer persegi ini terus meningkat populasinya. Namun dengan penetapan Pulau Komodo sebagai taman nasional, hal itu membuat pemerintah setempat menyerukan mereka untuk pindah ke lokasi lain di luar kawasan Taman Nasional Pulau Komodo.

Namun, orang Modo tak bersikukuh. Mereka enggan meninggalkan tanah kelahiran mereka. Mereka tetap memilih tinggal di pulau itu, hidup berdampingan dengan sang kadal raksasa, komodo. Antisipasi menghadapi kemungkinan binatang tersebut menyerang pun sudah dilakukan. Salah satunya, membangun rumah panggung yang berlokasi di pinggir pantai. andi nur aminah




Sumber : koran republika

Friday, November 18, 2011

Tips Tidur Nyenyak


Setelah bekerja seharian tentunya tubuh akan membutuhkan istirahat yang cukup untuk mengembalikan energi yang kita gunakan. Tidur merupakan salah satu cara terbaik untuk mengembalikan energi itu. Bayangkan betapa tersiksanya seseorang yang mengalami insomnia (susah tidur) pada malam hari. Tentunya tubuh mereka tidak akan se-fresh orang yang bisa tidur nyenyak di malam hari. Berikut beberapa tips yang dapat anda tiru supaya dapat beristirahat untuk tidur dan membuat badan anda lebih fresh saat bangun :

1. Jangan Makam Berlebihan Pada Malam Hari
Makanlah dengan cukup pada malam hari. Makan malam yang berlebihan, akan membuat pencernaan anda masih melakukan aktivitas, meskipun sudah masuk waktu tidur. Dengan demikian tentunya tubuh tidak akan bisa beristirahat total. Begitu juga sebaliknya, jika terlalu lapar, asam lambung akan terlalu banyak, sehingga menimbulkan rasa sedikit perih pada perut. Jadi usahakan makan dengan cukup pada malam hari.

2. Mandi Air Hangat Sebelum Tidur
Mandi dengan air hangat sekitar 1 - 2 jam sebelum tidur dapat membantu badan anda lebih rileks dan tenang. Jika badan rileks, tentunya mudah bagi anda untuk memejamkan mata.

3. Jangan Memikirkan Sesuatu yang Memberatkan Pikiran dan Otak.
Meskipun ini susah dilakukan bagi anda yang mempunyai banyak pekerjaan, ada baiknya anda melupakan sejenak pekerjaan yang akan anda lakukan. Usahakan sekali - sekali menjadi orang yang cuek hanya pada saat akan tidur. Dengan tidak adanya beban di otak dan pikiran, maka secara tidak langsung perasaan anda akan tenang dan anda lebih mudah memejamkan mata.

4. Minum Susu Panas Sebelum Tidur
Mungkin tips ini terlihat sangat tradisional dan terkesan seperti anak kecil. Tapi kandungan dalam susu dapat menjadikan pikiran dan tubuh kita rileks, sehingga mudah bagi kita untuk tidur.

5. Matikan Lampu Kamar
Hal ini boleh tidak anda lakukan jika anda termasuk orang yang penakut.

6. Usahakan Mempunyai Ritual Sebelum Tidur
Yang dimaksud ritual ini adalah kebiasaan yang dilakukan sebelum anda berangkat tidur. Cuci muka misalnya. Dengan membiasakan cuci muka sebelum tidur, maka lama kelamaan anda akan mudah untuk memejamkan mata setelah melakukan ritual tersebut. Kebiasaan itu jika terus menerus dilakukan, secara otomatis tubuh anda akan memberi sinyal ke otak dan pikiran, kapan saatnya untuk tidur.

7. Berdo'a Sebelum Tidur.

Wednesday, November 16, 2011

Makanan yang membantu Konsentrasi Otak


Makanan yang kita makan, selain membuat perut kenyang, ternyata juga bisa membantu daya konsentrasi otak agar tetap fokus.
Nah, berikut beberapa makanan yang dapat membantu otak Anda untuk tetap fokus dan berkonsentrasi:
Popcorn
Kudapan renyah kaya akan vitamin B6, B12, dan E ini meningkatkan kemampuan Anda untuk fokus serta memori dan kekuatan otak.
Alpukat
Buah ini tidak tinggi asam lemak omega-3 sehingga merupakan alternatif yang bagus bagi mereka yang bukan penggemar ikan.
Kacang-kacangan dan biji-bijian
Ambil segenggam kacang atau biji-bijian favorit Anda untuk memenuhi antioksidan dan protein yang membantu menjaga pikiran tetap pada jalurnya. Kacang dan biji-bijian juga membantu memberikan otak Anda perlindungan jangka panjang terhadap penurunan fungsi kognitif.
Kafein
Nikmati kafein untuk memulai kemampuan Anda untuk fokus. Kuncinya adalah moderasi. Terlalu banyak kafein bisa berujung pada kegelisahan dan tidak mampu berkonsentrasi.
Gula
Hanya sesendok gula dapat memberikan energi pada meski sebentar. Camillah makanan dengan pemanis alami buah segar.
Ikan
Makan ikan yang kaya asam lemak omega-3 dua kali seminggu akan memberikan otak Anda vitamin yang dibutuhkan untuk berfungsi dengan baik. Bila mungkin, pilihlah ikan yang memiliki kadar merkuri rendah seperti salmon.
Blueberry
Buah ini membantu melindungi otak dari penyakit Alzheimer dan demensia. Studi juga menunjukkan adanya peningkatan kemampuan belajar terkait dengan konsumsi buah ini.

Makan Telur Bisa menjaga Stamina

Jika Anda mulai terkantuk-kantuk dan merasa lelah menjelang sore, makanan manis seringkali menjadi pilihan untuk mengembalikan energi. Sebelum Anda mengemil makanan dan minuman manis, sebaiknya segera makan sebutir telur rebus.
Para ilmuwan menemukan bahwa protein telur, khususnya yang ditemukan pada bagian putih telur, membantu menjaga stamina. Asupan telur terbukti jauh lebih efektif daripada karbohidrat yang ditemukan dalam biskuit, cokelat, permen untuk meningkatkan energi dengan cepat.

Para peneliti dari Universitas Cambridge menganalisa bagaimana nutrisi mempengaruhi sel-sel otak yang membuat kita terjaga dan membakar kalori. Mereka menemukan, campuran yang mirip dengan kandungan protein pada putih telur membuat sel-sel lebih aktif dan memicu pelepasan stimulan orexin--pemicu metabolisme dan pembakaran kalori. Sebaliknya, gula memblokir pelepasan orexin.

Peneliti Dr Denis Burdakov berkata, "Yang menarik adalah kita dapat memilih untuk menjadi lebih aktif atau tidak dari pilihan makanan," ucapnya seperti dikutip dari Daily Mail.

"Penelitian menunjukkan bahwa jika Anda memiliki pilihan antara sarapan roti bakar dan selai, atau telur dan roti panggang, pilihan terbaik adalah yang kedua."

Dia menemukan, meskipun dua jenis makanan ini memiliki jumlah kalori yang sama, protein akan membuat tubuh membakar kalori lebih banyak.

Penemuan ini dipublikasikan dalam jurnal Neuron.

Tuesday, November 15, 2011

Usaha Warnet mulai Kehilangan Pengunjung


Di era yang sudah maju seperti ini, Internet sudah menjadi bahan Pokok bagi banyak orang, tapi mengapa banyak orang yang membutuhkan Internet tidak pergi ke Warnet???
inilah alasannya :

  • Adanya Modem USB yang bisa dibawa kemana dan murah pula harganya.
  • Naiknnya pengguna Smartphone di Indonesia
  • Adanya Wireless Lan atau yang biasa disebut WiFi
  • Banyak pengguna PC pindah ke Laptop
Dari pada buka usaha Warnet, mending buka usaha RT/RW Net dengan menggunakan WiFi. Sayang WiFi ini banyak Kelemahannya, Mudah diserang, 

-Jamming ( mengganggu frekuensi WiFi)
-Sniffer ( Menyusup untuk melihat apa yang dilakukan di PC target)

hanya itu yang saya tau... hihi semoga nggak salah ckckkc

Sunday, November 13, 2011

Stop Tawuran antar Pelajar!!!


Posting ini terinspirasi dari Acara Kick Andy di Metro TV, kebetulan saya liat sekarang. Disaat ini Tawuran menjadi kebudayaan para pelajar, tapi tidak semua pelajar. Mengapa saya sebut kebudayaan, budaya itu turun menurun, dari dolo sampek sekarang masalah tawuran antar pelajar masih ada, apalagi sekarang, Makin Parah!!!

Kalau di pikir pikir, kebanyakan tawuran terjadi karena masalah sepele. Kebanyakan masalah "Cewek / Pacar" , Kok tau kalau masalah cewek?? Karena temen ane pernah tawuran cuman karenan rebutan cewek.
Kedua, Masalah Uang, Palak antar pelajar, Utang antar pelajar.
Ketiga, Hanya senggol doank, bisanya senggol motor, Gara2 bunyi kenalpot yang bikin Kesel orang.
Keempat, Sok Jagoan.

Apa sih faktor - faktor yang menjadikan pelajar suka Tawuran??

1. Orang tua, Orang tua adalah orang pertama yang dikenal. Jika anda seorang tua yang baik, seharusnya Anda mengetahui apa yang sedang dilakukan anaknya. Dengan kata lain menjaga tapi tidak ketat hanya tau dan memberi nasehat bila hal itu Negatif. kedua, Orang Tua baik tidak pernah "Cek Cok" depan anak, Hal ini dapat menjadi sebuah memorian yang tidak baik buat pertumbuhan anak.

2. Faktor lingkungan, Pertama kali seorang bergaul pasti pada lingkungannya, jadi bila lingkungan tidak baik, jangan harap orang itu akan baik, perbandingannya 7 : 3 dah. susah.

3. Teman, bergaul memang tidak harus pilih pilih teman, tapi Anda seorang pelajar, harus tau apa yang baik dan yang buruk dari teman anda.

4. Sekolah, nggak tau mau nulis apa yang ini. bingung.

Hanya itu yang saya dapatkan. dah habis nih otak saya muter muter nggak nemu jalan. kalau mau nambahin, bisa Koment ^^.

Yuk merenung....
Apa sih untungnya ikut Tawuran...? Pingin Eksis...?? Sok JAGOAN..?? atau apa...
anda harus pikir lebih jauh kalau ingin ikut tawuran. Mikirnya gini aja.

" Menang gw dapat apa??? Kalah gw bonyok semua...."

Ia kalah menang, kalau kalah??? bisa bisa "NYAWA" taruhannya. menangpun masih bonyok.

Apakah anda bisa disebut pelajar bila ikut tawuran....??
"ANDA HANYA SEBUAH SAMPAH YANG HANYUT DISUNGAI DAN HANYA IKUT ALIRAN ITU DAN TIDAK BISA KELUAR DARI SITU"

Kerugian tidak hanya pada anda seorang....
Ayo mikir lagi, Pertama yang rugi anda sendiri, Anda menyiksa anda sendiri. "bisa cacad seumur hidup Loe"
Kedua, Orang tua. Bila sudah sakit... sapa yang rugi kedua. Pasti Orang tua. Ruginya dalam biaya. Sudah mahal bayar sekolah, Malah tawuran dan masuk rumah sakit. Mungkin cita-citanya jadi Dokter yah... betah masuk Rumah sakit.. ^^ joke
Ketiga, Pihak Sekolah, Pasti pihak sekolah akan kena dampaknya, menjelekan nama sekolah, apa nggak besar itu dosanya??? jangan tanya saya, saya bukan malaikat hiihihi....

Ada yang rugi pasti ada yang untung...
Pertama, Pihak rumah sakit.
Kedua, Saya... karena menjadikan Inspirasi Posting blog... "Kidding doank"

Selesai baca Posting ini apakah masih Nekad pingin TAWURAN???
Saya mah terserah anda, Hidupmu ditanganmu, Uangmu di dompetku hihih. ngelawak trus biar nggak bosen :)

Dari pada tawuran mending ikut perang aja sob, bela negara. atau belajar jadi Pelajar berprestasi.

Mas yudhis,,, ada nggak solusi buat ilangin Tawuran???
pasti ada... Dimana ada masalah, disitu ada Solusi.

1. Baca Posting ini :)
2. Kasih sanksi, jangan kasih makan 2 hari, kasian banget ckckck... kasian, biasa penulis suka ngelawak.
3. Jangan pernah ikut tawuran, udah baca postingnya kan. pikir dolo kalau ikut.

udah ah. mumet utekku. wes ra duwe inspirasi. cukup sekian terima kasih

Saturday, November 12, 2011

Jaga data Pribadi Anda dengan Baik

Jaman semakin Modern, Banyak perangkat Electronik yang memiliki ruang untuk menyimpan data. Terutama pada Handphone dan SmartPhone. Sekrang minimal Handphone memiliki kamera untuk jepret - jepret apa yang Anda suka. Tapi apabila hal yang Anda suka adalah sesuatu yang hanya dikonsumsi secara pribadi, jangan pernah simpan pada Handphone. Kenapa....? Hot Info sekarang, ada artis yang kehilangan BBnya dan Foto yang seharusnya jadi konsumsi pribadi malah menyebar luas di Internet.

Tidak hanya Handphone, Anda pasti tau kasus Ariel Peterpan yang menjadi Pornstar Indonesia beberapan bulan yang lalu... lama pokoknya :) . Ariel menyimpan Data yang semestinya jadi konsumsi pribadi pada sebuah Laptop dan tidak sengaja temen Ariel memakai Laptop tersebut dan menemukan data pribadi Ariel. Kalau sudah begitu, biasanya keisengan dari orang akan muncul. sebenarnya masih banyak artis - artis yang tidak bisa menyimpan data pribadinya dengan baik. Apakah ada solusi untuk Hal ini...? Pasti ada.

Solusinya yaitu :

1. Jangan pernah mengabadikan hal yang tidak layak di konsumsi oleh publik.
2. Jangan Narsis di depan kamera.
3. Jangan Pernah pinjamkan Gadget Anda, bila gadget tersebut berisi hal hal yang tidak boleh diketahui orang lain.

Hanya itu Solusi yang dapat Saya berikan. mungkin Anda memiliki solusi lainnya, silahkan berkomentar :).

Friday, November 4, 2011

Apakah ada kaitannya Sumpah Pemuda dengan Sumpah Palapa ?

Terinpirasi dari ucapan Guru KWN saya di sekolah, bahwa Sumpah pemuda adalah lanjutan dari Sumpah Palapa. Pertama Saya sendiri bingung, tapi inilah pendapat Saya.

Saya mulai dari Sumpah Palapa.
Sumpah Palapa adalah suatu pernyataan/sumpah yang dikemukakan oleh Gajah Mada pada upacara pengangkatannya menjadi Patih Amangkubhumi Majapahit, tahun 1258 Saka (1336 M).
Sumpah Palapa ini ditemukan pada teks Jawa Pertengahan Pararaton, yang berbunyi,
Sira Gajah Madapatih Amangkubhumi tan ayun amuktia palapa, sira Gajah Mada: "Lamun huwus kalah nusantara isun amukti palapa, lamun kalah ring Gurun, ring Seran, Tañjung Pura, ring Haru, ring Pahang, Dompo, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, samana isun amukti palapa".
Terjemahannya,
Beliau Gajah Mada Patih Amangkubumi tidak ingin melepaskan puasa. Ia Gajah Mada, "Jika telah mengalahkan Nusantara, saya (baru akan) melepaskan puasa. Jika mengalahkan Gurun, Seram, Tanjung Pura, Haru, Pahang, Dompo, Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, demikianlah saya (baru akan) melepaskan puasa".
Dari isi naskah ini dapat diketahui bahwa pada masa diangkatnya Gajah Mada, sebagian wilayah Nusantara yang disebutkan pada sumpahnya belum dikuasai Majapahit.

Inti dari Sumpah Palapa menurut Saya, Gajah Mada bertekat untuk mempersatukan Nusantara / Indonesia.
Lah, trus apa kaitannya dengan Sumpah Pemuda???
Isi Sumpah Pemuda
Pertama
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
Kedua
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
Ketiga
Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Kalau dilihat dari Isi Sumpah Pemuda, ada kaitannya tidak dengan Sumpah Palapa???
Kalau menurut Saya, Isi Sumpah Pemuda, Menyatakan bahwa Nusantara / Indonesia telah bersatu.
Apakah benar???
Ada satu lagi yang memperkuat kaitan kedua sumpah tersebut, yaitu Peserta dari Sumpah Pemuda berasal dari Semua Pulau yang ada di Nusantara.
Apakah benar??? munking tidak dari semua daerah di Indonesia. Tapi inilah Organisasi Pemuda yang berasal dari banyak Daerah di Indonesia.
Jong JavaJong AmbonJong CelebesJong BatakJong Sumatranen BondJong Islamieten BondSekar RukunPPPIPemuda Kaum Betawi, dll. 

Inti Dari kedua Sumpah tersebut adalah Ingin Mempersatukan Indonesia.
Ini hanya pemikiran saya, Percaya atau tidak terserah Anda :)